Pagerank, sebuah fenomena yang aneh.

Setelah membaca tulisan Mas Cosa di blognya tentang Tragedi pagerank update dan meraba jalan lolos dari penalti paid link google, iseng2 saya buka blog main2 saya ini. And you know what? What a surprise… PRnya sekarang 2. Sebelum ada hal tersebut (bulan kemarin tepatnya) jangankan ada PR nya, ke index aja nggak.

Kalo ditelaah, blogroll yang di sidebar itu sudah tidak terlalu diperhitungkan lagi oleh Google. Tapi lebih kepada link2 yang berada dalam tulisan seperti di blog ini. Ini sih sekali lagi pendapat pribadi.

BTW, ada satu tulisan yang menurut saya cukup mengena di saya tentang blogging for money seperti yang kita lakukan sekarang ini. Saya lupa siapa yang nulis (udah cape ngubek2/ browsing tapi gak ketemu juga…😦 ), yang intinya jangan menulis untuk search engine apakah itu google, yahoo dan lain2 tapi tulislah untuk pembaca anda. Karena apabila anda telah mendapatkan loyal visitor, kita tidak perlu terlalu perduli dengan sistem ranking2 an ini.

Tapi kalo saya sih teteup… Nulis untuk pembaca2 setia blog ini juga saya masukkan sedikit unsur SEO di dalamnya πŸ˜€ .


  1. betul2 aku setuju aje kekekekek..πŸ˜€

  2. iya Yud, setelah nunggu kelamaan, web2 ku yang baru2 langsung dapet PR 2 semua tuh.. cuma web lama ada yang turun hik..

  3. rehesa

    mas yudi,salam kenal..
    kalo blog kayak gini dibilang iseng.. lha piye punyaku..?
    tp that’s great, ada pencerahan.. bhw selanjutnya aku jg mau ber SEO deh di blog ku… (yg kemarin2 cuman buat praktek bikin blog WP hehe…)

  4. harus percaya sama PR gitu ? wong aku liat beberapa site check pr aja gak sama kadang kiding… Lebih percaya sam alexa sekarang saya masπŸ˜€

    yang paling penting itu bukan PR, tapi traffic. buat apa PR tinggi tapi traffic gak ada kan sayang gitu lho…πŸ˜€

    saya ada satu PR blog saya hanya NOL tapi trafficnya jauh lebih banyak dari blog saya yang lain yang PRnya sudah 3

  5. “tulislah untuk pembaca anda” nice advice. sebuah penghargaan kepada pengunjung; “pengunjung adalah raja”πŸ˜‰

    terima kasih atas nasehatnya, mohon maaf karena belom bisa kasih “nice advice”, saya akan belajar dari blog Mas Tantan

  6. Wach mantap mas informasinya…… betul banget, saya juga sering baca di PDF free yg tersebar di internet…. menulislah bukan untuk search engine atau mendapat page rank …..suksesss

  7. edi

    memang aneh dan bikin aku mumet / pusing / puyeng /fertigo ,and…….

  8. emang page rank memusingkan, kenapa sih kok selalu naik turun ga jelas, mana jadwal update nya ngga teratur lagi😦

  9. tul, yang penting nulis yang kita sukai dan hopefully bermanfaat buat yang baca, enjoy aja, n sisanya terserah google mau bagaimana, jadi nulisnya juga lebih natural… kan nulis buat pembaca




Leave a Reply

