Bermain Paid Review sesuai aturan Google

Salah satu sumber penghasilan dari bisnis online di internet (halah… kaya sales letter aja) yang blogger lakukan adalah dengan bermain Paid Review. Teman2 diantaranya: Mbak Dhini, Mbak Retno, Nyssa, Mbak Nitta, Yudi (yang belom kesebut absen di bawah ya) dan masih banyak yang lainnya termasuk saya sendiri juga melakukan hal tersebut; dimana tambahan penghasilan yang didapat ternyata lumayan lho (he..he..he.. Mbak Nitta bener gak nih EYDnya). Eh ngomong2… ada yang tau, Audy si seleb blog ikutan Paid Review gak yah?

Hanya saja teman2 saya tadi mempunyai kekhawatiran bahwa dengan bermain Paid Review maka akan mempengaruhi PageRank (dalam hal ini kena discount/ potongan oleh om Google) dari Web yang mereka miliki. Yup, betul… Paid Review memang tidak di sukai Google, dan malah mengharapkan apabila kita melihat hal tersebut untuk melaporkannya. Kenapa? Karena seperti di tulis matt cutts (Google Engineer) di dalam blognya bahwa Google kasihan kepada user yang memang membutuhkan informasi seperti yang di cari, tapi malah nyasar ke tulisan Paid Review tersebut. Masih didalam tulisan tadi Om Matt dari Google ini (bukan mattnya mbak maya yah) meminta kita mencoba berada pada posisi pencari informasi, tentunya kita ingin mendapatkan hasil sesuai dengan yang kita harapkan bukan?

Google sendiri menyatakan dalam webmaster pagenya:

Not all paid links violate our guidelines. Buying and selling links is a normal part of the economy of the web when done for advertising purposes, and not for manipulation of search results. Links purchased for advertising should be designated as such.

Nah hal inilah yang mendasari saya untuk membuat tulisan ini dan mencari langkah2 agar Paid Review kita itu sesuai dengan maunya google.

Berikut step2nya:

1. Jangan asal review! Sebelum mereview dan dionlinekan pastikan bahwa kita telah melakukan riset terhadap item yang dibicarakan, sehingga tulisan yang dihasilkan gak asal2an dan informasinya berguna untuk user anda. Jangan juga se-mata2 membuat tulisan untuk keperluan search engine. Selain berkaitan dengan Google Quality Guidelines, Matt cutts sendiri secara jelas memberikan contoh2 nyata paid post/ review yang ngaco di blognya dalam artikel selling links that pass PageRank.
Catatan: ini satu2nya tulisan di blog personalnya matt cutts yang sebelum live online dimintakan dan mendapatkan persetujuan dari google legal department untuk memastikan bahwa opini pribadinya sesuai dengan opini Google.

2. Memasang rel no follow pada <a> tag. Apabila kita membuat anchor text (link pada tulisan) tambahkan pada saat edit html nya dengan rel=”nofollow”. Liat gambar berikut:

paid review

Sekarang kita lihat no. 1 di gambar tersebut (sorry di sini gak gitu jelas tapi kalo liat di review wirefly bisa jelas deh) pada tulisan wirefly itu ada anchor text yang mengarah kepada http://www.wirefly.com, Nah coba kita lihat page  source nya:

wirefly-nofollow

3. Kalo tidak memasang tag nofollow, bisa juga dengan redirect link ke halaman yang di blok dari pembacaan search engine dengan robots.txt.

4. Dengan jelas menyebutkan bahwa ini adalah program advertising, bisa dilihat contohnya pada gambar di atas untuk item yang no. 2, atau seperti berikut:

paid review by yudi

Kesimpulannya Selama review itu dimaksudkan untuk mencari traffic dan tidak bermaksud untuk mendapatkan backlink serta berada pada High SERP seperti pada kasus2 nembak keyword itu sih sah sah saja menurut Google.

Di index boleh di ranking jangan, gitu kali ya intinya. Dan gak usah di sembunyi2in lagi deh. So, Selamat bermain Paid Review


  1. fat

    bagus sekali pak ulasannya
    makasih ya cara jitunya

  2. waaah gitu yaah mas yuuud…..thank u yaaah…masih ada beberapa pertanyaan ni…pm ajaah yaaah…thank u lagi d…………

  3. dodik

    ” dimana tambahan penghasilan yang didapat ternyata lumayan lho ”

    Kalau Boleh Tahu berapa besar penghasilan yang bisa di dapat dari program ini ?..

    thx “Per-review itu biasanya paling kecil $5 utk 200 – 300 kata”

  4. Mas Yud, thanks atas sharingnya ya. Akhirnya blog ini di isi kembali setelah sekian lama kurang aktif. Karena Busby bukan ya? He..he..he.. ” Gak juga sih Mas, Emang pas lagi ada waktu longgar aja🙂 “

  5. wah… tulisan yang sangat melegakan….. insyaallah nambah lagi ilmu ku deh… makasih mas!!!

  6. eh eh ada namaku disebut-sebut aku kan jadi malyu hihihi… 😳
    infonya berguna banget nih mas yud, thanks a lot yaaaaaa😀

  7. Wah, ternyata Mas Yudi disini rumah aslinya.. baru tau sayah..hehehe..

  8. wah, mas Yudi tengkyu yah!! tadinya ragu2 mo nyemplung ke PTR krn males kucing2an ama google. ternyata ada cara legalnya toh.. cobain aah.. “iya plus sekalian ngabarin temen2 juga bahwa ada step2 lanjutannya”

  9. Kayaknya masalah “No-Follow/Do-Follow” itu deh mas Yud yang bikin Google gerah..jadi memang sebaiknya link/anchor Paid Review-nya dikasih atribut No-Follow..tapi masalahnya apa hal itu diijinkan oleh yang minta direview? “itu kan juga bisa di atur pake plugins mas, di set berapa hari untuk dofollow setelah itu nofollow deh”

  10. Mas..lha kok link profile commentku jadi ke situ? itu kan Blog dummy bukan Blog personalku mas..aneh bener..huehueheheee..ini Blog personalku : http://www.ceritaonlineku.com/

  11. Bermain Page Review memang menguntungkan tapi disamping itu ada kehawatiran PR disunat paman gober. Kira2 apa saja tips dan Review yang bersahabat dengan paman gober alias google?

  12. mas yudi, sebelumnya lam kenal yah.. kalau linknya di nofollow setelah beberapa hari atau setelah di reviewsnya diterima apa ga akan jadi masalah nantinya, atau untuk job,job selanjutnya? mungkin pengurangan job misalnya??




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: